Jumat, 20 Mei 2011

Manusia Bersuara Emas



Banyak penyanyi solo yang memiliki suara sangat indah yang dapat membuat orang-orang menangis kagum ketika sedang menonton aksi mereka. Luciano Pavarotti, Josh Groban, Sarah Brightman, Whitney Houston, Beyonce, Christina Aguilera, Sarah Geronimo, Rod Stewart, Sting, Phil Collins, Ronan Keating, merupakan pemilik suara indah yang dikenal dunia. Tetapi diantara sekian banyak pemilik suara emas tersebut, terdapat beberapa nama yang benar-benar melegenda karena karakter suara serta kemampuan vokal yang dimilikinya. Inilah mereka:

Renata Tebaldi
Renata Tebaldi (lahir di Pesaro, Italia, 2 Februari 1922 – meninggal di San Marino, 19 Desember 2004 pada umur 82 tahun) adalah seorang lirico-spinto penyanyi sopran berkebangsaan Italia, yang terkenal setelah Perang Dunia II. Dia diklaim sebagai penyanyi opera yang paling dicintai sepanjang masa, dimana ia fokus hanya pada peran verismo dari lirik dan dramatic repertoires.

Tebaldi terlahir dengan nama Renata Ersilia Clotilde Tebaldi di Pesaro, anak perempuan dari pasangan pemain cello, Teobaldo Tebaldi, dan Giuseppina Barbieri, seorang penyanyi berbakat yang ingin berkarier di dunia tarik suara tapi malah menjadi perawat. Tidak berapa lama setelah kelahirannya, orangtuanya bercerai, dan Renata, bersama-sama dengan ibunya pindah ke kota kelahiran ibunya di Langhirano, provinsi Parma, Italia.

Karena terkena penyakit polio di usianya yang baru tiga tahun, Tebaldi tidak bisa ikut aktif bermain dengan teman-temannya dan menjadikannya tertarik pada dunia musik. Ia pernah menjadi anggota paduan suara gereja di Langhirano dan ibunya mengikutkannya les piano dengan Signorina Passani di Parma pada usia tiga belas tahun; dan ia belajar dengan sungguh-sungguh, berlatih selama empat atau lima jam sehari dan bermimpi memiliki karier sebagai seorang pianis konser. Ia juga selalu menyanyikan setiap lagu yang dia dengar. Inspirasi utamanya adalah mendengarkan lagu-lagu itu dari radio. Dan itu berlangsung terus sampai guru pianonya berinisiatif untuk mengirimkan Renata untuk berguru pada Italo Brancucci, seorang guru menyanyi di conservatory, Parma. Ia mulai belajar sebentar di conservatory, mengambil pelajaran dengan Ettore Campogalliani selama tiga tahun. Renata harus berkonsentrasi di scales dan kursus suara selama dua tahun sebelum ia diperbolehkan untuk belajarlagu pertamanya dari tahun kedua trainingnya.

Maria Callas
Maria Callas (New York, 2 Desember 1923 - Paris, 16 September 1977) adalah penyanyi sopran opera berkebangsaan Yunani. Ia merupakan salah satu penyanyi sopran opera yang paling terkenal setelah Perang Dunia II.

Maria Callas terlahir dengan nama Maria Anna Sophie Cecilia Kalogeropoulos dari orang tua imigran Yunani. Ia pernah belajar di National Conservatoire, Athena dan membuat debut pertamanya di usia 15 tahun. Debut pertamanya itu membuat ia dipinang oleh La Scala, Milan, Italia pada tahun 1951. Tahun 1950-an merupakan tahun-tahun keemasan Callas, dimana ia mendapatkan perhatian dunia bagi penampilan-penampilan legendarisnya di Milan, New York, Chicago, London dan Paris. Di tahun 1964, Sir David Webster, direktur Royal Opera House di London, menggambarkannya sebagai "seniman teater musik terhebat pada masa kita". Maria Callas adalah "La Divina", penyanyi sopran opera paling terkenal.

Fotografer fashion Inggris, Cecil Beaton menganggap Callas "supernova yang meledak dengan kecermelangan tanpa tandingan". Dia kaget melihat penampilan fisik wanita itu:"Miss Callas tampil lebih seperti wanita cerdas yang main bridge dengan taruhan tinggi daripada penyanyi. Saat bicara bahasa Italia, dia seniman; tapi mitos itu runtuh begitu gaya bicara Brooklynnya muncul. Lalu dia menjadi wanita manja, galak dan menyebalkan." Beaton mengamati di Paris Opera, kalau Callas menyanyikan nada yang salah, semua akan menghujatnya. Tapi kalau dia duduk di antara penonton, seisi gedung mengelu-elukannya.

Penyanyi sopran dan ratu masyarakat kelas atas tahun 1950an ini mengumpulkan lebih banyak perhiasan indah selama sembilan tahun hubungan gelapnya dengan raja kapal Yunani, Aristotle Onassis, yang dijadikan model oleh Marquis di Gorgonzola alias Rastapopoulos dalam kisah komik terkenal karangan Hergé, Petualangan Tintin, yang karakternya muncul dalam kisah Laut Merah.

Andrea Bocelli
Andrea Bocelli (lahir di Lajatico,Toscana, 22 September 1958) diklaim sebagai pemilik suara terindah di dunia. Ia merupakan penyanyi pop tenor tunanetra berkebangsaan Italia. Bocelli mempunyai suara khas Italia yang keras nan lembut dan sangat digemari banyak orang dari segala penjuru dunia dan juga tampil di panggung-panggung opera. 

Bocelli kecil tinggal di perkebunan zaitun dan anggur milik orangtuanya yang merupakan keluarga penganut Katolik yang taat. Sejak anak-anak sudah menjadi pemain organ di gereja. Bocelli kecil yang sejak lahir menderita congenital glaucoma, pada umur 12 tahun mengalami kebutaan total akibat kecelakaan saat main sepak bola.Tetapi kebutaan tidak menghalangi Bocelli untuk untuk meraih gelar doktor ilmu hukum dan bahkan sempat berpraktik sebagai pengacara.Dengan motivasi dari ibunya, dia meraih gelar doktor ilmu hukum di University of Pisa dengan mempelajari dokumen berhuruf Braille.

Panggilan hati Andrea Bocelli adalah menyanyi, di samping belajar hukum dia senang menyanyi dan belajar menyanyi. Siang bekerja sebagai pengacara dan malam hari menyanyi di bar dan tekun berlatih dengan gurunya, Luciano Bettarini. Sukses Bocelli tidak lepas dari peran Luciano Pavarotti ketika pada tahun 1992, seorang musisi rock Italia, Zucchero membuat demo tape lagu Miserere dengan suara Bocelli dan mengirimkannya kepada Pavarotti, tetapi justru Pavarotti menyarankan Zucchero untuk berkolaborasi saja dengan Bocelli. Di dunia musik internasional nama Bocelli dikenal ketika berduet dengan penyanyi sopran Sarah Brightman menyanyikan lagu Time to Say Goodbye. Dan di tahun 1998 bersama Celine Dion berkolaborasi dalam lagu The Prayer. dia juga berkoaborasi dengan Bono, Vokalis group band U2 dalam versi Inggris dalam lagu L'Incontro.

Celine Dion
Céline Marie Claudette Dion (lahir di Charlemagne, Quebec, Kanada, 30 Maret 1968) atau lebih dikenal dengan Celine Dion merupakan seorang penyanyi dan diva pop dunia berkebangsaan Kanada. Ia memulai debutnya di industri rekaman pada tahun 1981 sebagai penyanyi berbahasa Perancis, di bawah bimbingan René Angélil, yang kemudian menjadi suaminya. Ia pun kemudian menjadi penyanyi terkenal di negara-negara berbahasa Perancis. Pada tahun 1990, Celine mulai merilis album berbahasa Inggris pertamanya, Unison yang melejitkan namanya di Amerika Utara dan di seluruh dunia. Sepanjang dekade 1990-an, Celine meraih kesuksesan di seluruh dunia dengan sejumlah album dalam bahasa Inggris dan Perancis, menjadikannya salah satu artis tersukses dalam sejarah musik pop

Sepanjang perjalanan kariernya, Celine telah menerima banyak penghargaan diantaranya: 5 Grammy Awards, 12 World Music Awards, 7 American Music Awards, 7 Billboard Music Awards, 21 Juno Awards dan 39 Felix Awards.

Pada tahun 1996, Celine menerima penghargaan "Medals of Arts and Letters" dari pemerintah Perancis sebagai artis berbahasa Perancis terlaris dalam sejarah. Pada tahun 2004, ia juga dianugerahi Chopard Diamond award oleh World Music Awards sebagai artis wanita terlaris sepanjang masa. Pada tahun 2007, Sony BMG mengumumkan bahwa Dion telah menjual lebih dari 200 juta keping album di seluruh dunia. 

Mariah Carey
Mariah Carey (lahir di New York, 27 Maret 1970) adalah seorang penyanyi, penulis dan pencipta lagu, produser rekaman, dan aktris asal Amerika Serikat. Terkenal dengan jangkauan vokal, kekuatan vokal, serta gaya melisma, dan penggunaan teknik whistle register (jangkauan suara manusia tertinggi di atas falsetto).

Ia membuat rekaman debut pada tahun 1990 di bawah bimbingan eksekutif Columbia Records, Tommy Mottola, dan menjadi musisi pertama yang memiliki lima single pertamanya puncak US Billboard Hot 100 chart. Setelah menikah dengan Mottola pada tahun 1993, serangkaian lagu hit menetapkan posisinya sebagai artist Columbia Records dengan penjualan tertinggi. Menurut majalah Billboard, dia adalah penyanyi yang paling sukses pada 1990-an di Amerika Serikat.

Carey telah menjual lebih dari 200 juta album, singel dan video di seluruh dunia. Ia digelari penyanyi wanita terlaris milenium pada World Music Awards tahun 2000. Menurut Recording Industry Association of America, ia adalah penyanyi wanita yang ketiga terlaris dengan penjualan lebih dari 63 juta album di Amerika Serikat. Ia juga digolongkan sebagai penyanyi wanita dengan penjualan terbaik dari US Nielsen SoundScan era. Ia memiliki singel nomor satu paling banyak untuk penyanyi solo di Amerika Serikat (delapan belas singel; artis kedua secara keseluruhan di belakang The Beatles). Pada tahun 2008, majalah Billboard mengurutkan Carey di nomor enam pada "The Billboard Hot 100 Top All-Time Artists", membuat Carey sebagai artis wanita paling sukses kedua setelah Madonna dalam sejarah Billboard Hot 100 chart. Di samping prestasi komersial-nya, Carey telah menerima lima Grammy Awards

Singel seperti "Vision of Love", "Love Takes Time", "Someday", dan "I Don't Wanna Cry" berhasil menduduki peringkat satu di Billboard. Album ini membuat Mariah memenangkan 2 piala Grammy Award, "Pendatang Baru Terbaik" dan "Performa Vokal Pop Wanita Terbaik" untuk "Vision of Love". Vision of Love dijuluki sebagai "Magna Carta of Melisma" karena lagu ini menjadi lagu pertama yang memopulerkan teknik permainan nada yang disebut "Melisma" ke dunia musik R&B. Bahkan penyanyi Beyonce dan Christina Aguilera sangat terinspirasi dari lagu ini. Mellisma ala Mariah Carey kemudian menjadi populer dan ditirukan mulai dari bintang-bintang R&B setelah itu hingga kontestan-kontestan American Idol.

[sumber: wikipedia]

1 komentar:

  1. KISAH SUKSES
    Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

    BalasHapus