Rabu, 17 Agustus 2011

Upacara Bendera Digital: Perayaan Kemerdekaan 2.0

Tahun ini, berbagai komunitas digital Indonesia siap memberi kejutan lagi, tidak hanya upacara digital yang lebih seru dan menarik, tetapi juga akan melibatkan seluruh anak bangsa untuk bersatu padu mengusahakan Sang Saka Merah Putih mencapai puncak tertinggi di salah satu gedung di Ibu Kota hanya melalui gadgetnya, di manapun mereka berada. 

17 Agustus 2011 ini adalah kali ketiga Indonesia Optimis melakukan aksi setelah Upacara Bendera Digital 17 Agustus 2010 yang menghadirkan tokoh nasionalis seperti Iwan Esjepe dari Indonesia bertindak, Pandji Pragiwaksono dari #IndonesiaUnite dan Wicaksono Ndorokakung seorang blogger dan aktivis media sosial. Menyambut sumpah pemuda pun, Indonesia Optimis membuat aksi kembali berbasis digital yaitu, forum diskusi menjaring aspirasi generasi muda melalui Kongres Pemuda Digital 28 Oktober 2010.

Tahun ini Indonesia Optimis membuat aksi kembali dengan menggelar Upacara Bendera digital 2011, dengan menjadikan follower nya sebagai basis penentuan Pembina Upacara. Dari sekian banyak nama  pilihan follower, terjaringlah Bapak Anies ‘@aniesbaswedan’ Baswedan, inisiator aksi Indonesia Mengajar sekaligus Rektor Universitas Paramadina, Andrew ‘@adarwis’ Darwis dari KASKUS, Iwan Setyawan penulis buku inspiratif 9 Summers 10 Autumn, Iman Brotoseno seorang Film Director & Photographer yang mewakili generasi dari industri kreatif, Valencia ‘@justsilly’ Meika Randa atau lebih dikenal dengan, seorang ibu inspiratif sekaligus social media worker dan Bambang ‘@bepe20’ Pamungkas, sebagai salah satu yang bersuara mewakili atlet nasional Indonesia. Sementara untuk pembacaan doa kemerdekaan dibuat dan dibacakan langsung oleh KH. Mustofa Bisri atau lebih dikenal dengan@gusmusgusmu.

Sebagai basis utama kegiatan, website di www.id-optimis.org juga didukung oleh akun twitter @ID_Optimis sebagai protokoler upacara bendera, ada juga check-in bersama melalui jejaring Foursquare di Monumen Tugu Proklamasi.  Indonesia Optimis juga berkolaborasi dengan berbagai komunitas untuk kegiatan Kerek Bendera Bersama dengan mengumpulkan tagar dan sms #17an sejumlah 1.781.945 untuk mengerek bendera melalui www.17an.org dan akun @ID_17an, juga website www.malesbanget.com untuk penayangan video partisipatif dari rekan-rekan musisi profesional dan rakyat Indonesia dalam menyanyikan bersama lagu “Pancasila Rumah Kita” karya alm. Franky Sahilatua yang bisa dilihat di: http://www.youtube.com/watch?v=8cC8X87N5mI

Hal menarik yang lain dari upacara bendera tahun ini adalah pemilihan petugas upacara dilakukan dengan casting melalui medium twitter, dimana yang bersedia menjadi petugas upacara bendera mengajukan diri dan direview oleh tim Indonesia Optimis. Terpilihlah, @alfi_sofyan dari Bantul sebagai pembaca naskah uud 1945,
@AyhaTitasaniya dari Makassar sebagai pembaca naskah proklamasi, @fakhrulridha dari Banda Aceh sebagai pembaca naskah Proklamasi, @ShafiqPontoh dari Bandung sebagai pemandu paduan suara, @ikakarina (Semarang) @syaifatania (Yogyakarta) @vidyapuspa (Bekasi) sebagai petugas pengibar bendera.

Hingga kini, peserta upacara bendera digital telah menembus angka 55.000 lebih peserta hingga 18 Agustus 2011 pada pukul 10.00. Bagi Anda yang ketinggalan Upacara Bendera Digital, situs www.id-optimis.org masih bisa diakses hingga 1 minggu ke depan. 

Sumber: Press Release Indonesia Optimis dan protokoler akun @id_optimis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar