Rabu, 24 Agustus 2011

Tanaman yang dapat mengusir Nyamuk dan Serangga

Banyak penyakit yang disebabkan oleh nyamuk dan serangga. Jika nyamuk lebih kepada menggangu kesehatan manusia yang mengakibatkan penyakit seperti malaria, demam berdarah dan cikungunya, sedangkan serangga lebih bersifat sebagai hama bagi tanaman. Jika anda ingin menangkal kehadiran serangga-serangga tersebut, sebenarnya anda dapat melawannya dengan musuh alaminya. Berikut beberapa jenis bunga yang menjadi musuh alami serangga karena mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh mereka. 

Krisan
Krisan merupakan tanaman bunga hias berupa perdu dengan sebutan lain Seruni atau Bunga emas (Golden Flower) berasal dari dataran Cina. Krisan kuning berasal dari dataran Cina, dikenal dengan Chrysanthenum indicum (kuning), C. morifolium (ungu dan pink) dan C. daisy (bulat, ponpon). Di Jepang abad ke-4 mulai membudidayakan krisan, dan tahun 797 bunga krisan dijadikan sebagai simbol kekaisaran Jepang dengan sebutan Queen of The East.

Lavender
Lavender atau Lavandula latiofola merupakan keluarga Lamiaceae, berbentuk seperti semak. Tumbuh baik di ketinggian 600 –1.350 m dpl di mana semakin tinggi tempat tumbuhnya, semakin baik kualitas minyak yang dihasilkannya. Perbanyakan tanaman lavender biasanya dengan menggunakan bijinya. Biji-biji yang tua dan sehat di-semaikan. Bila sudah tumbuh, dipindahkan ke polibeg. Ketika tingginya mencapai 15 – 20 cm, dapat dipindahkan ke dalam pot atau ditanam di halaman rumah.

Geranium
Geranium memiliki kandungan bahan yang bersifat antiseptik yaitu geraniol dan sitronelol yang tidak disukai nyamuk. Senyawa tersebut berbau menyengat dan harum, sehingga sering digunakan sebagai bahan untuk membuat sabun mandi. Tanaman geranium atau Pelargonium citrosa tumbuh merumpun dan banyak menghasilkan anakan. Daunnya hijau, berbentuk jangkar, dengan tepi daun bergerigi.

Zodia
Zodia adalah tanaman asli Indonesia yang berasal dari Papua. Tanaman perdu ini berasal dari keluarga Rutacea. Tinggi tanaman 200 – 300 cm dan panjang daun dewasa 20 – 30 cm. Bentuk zodia cukup menarik sehingga banyak digunakan sebagai tanaman hias. Meskipun zodia berasal dari Papua, namun saat ini sudah banyak tumbuh di Pulau Jawa. Tanaman ini tumbuh baik di ketinggian 400 – 1.000 m dpl. Zodia sering dimanfaatkan oleh masyarakat asli papua untuk mengusir serangga dan nyamuk dengan cara mengusapkan daun zodia ke sekujur tubuh. 

Aster
Aster merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki beragam warna yang menawan. Nama aster sendiri berasal dari bahasa Yunani yang artinya bintang, dan bunganya yang menyerupai bintang ini dapat ditemukan dalam beragam spektrum warna yang cantik-cantik, seperti putih, merah, pink, ungu, lavender dan biru, dan ciri khas dari bunga aster ini ditengah-tengahnya berwarna kuning. 

Nasturtium
Nasturtium merupakan jenis tanaman yang berasal dari keluarga brassicaceae, terdapat beberapa jenis bunga nasturtium, diantaranya, nasturtium microphyllum dan nasturtium officinale.bunga ini dapat mengeluarkan aroma yang membuat serangga menjauh dari daerah tempat bunga ini tumbuh.





[dari berbagai sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar