Rabu, 24 Agustus 2011

Fakta Seputar Bayi yang Baru Lahir


Ketika baru lahir bayi menangis tanpa mengeluarkan air mata. Air mata baru keluar ketika bayi berusia sekitar 5 minggu. 

Bayi terlahir tanpa tulang tempurung lutut, tempurung tersebut baru terbentuk saat bayi berusia 6 bulan.

Pada saat bayi lahir, ia memiliki ratusan milliar sel otak (neuron). Menjadikannya mahluk yang memiliki kemampuan super dalam belajar dan mengenali lingkungan sekitarnya.

Bayi manusia terlahir dengan jumlah tulang pada tubuh sebanyak 300 tulang, ketika dewasa hanya tersisa 206 ruas tulang, beberapa ruas tulang bergabung menjadi satu.

Bayi belum dapat mengeluarkan ingusnya sendiri, oleh karena itu orang tua harus menyedot ingus tersebut agar tidak mengganggu saluran pernapasan sang bayi.

Penglihatan bayi yang baru lahir masih sangat kabur, tetapi dia memiliki penciuman dan pendengaran yang sangat kuat, dari kemampuan tersebutlah bayi dapat mengenali bau dan suara ibunya.

Jantung bayi yang baru lahir berdetak dua kali lebih kencang dibandingkan orang dewasa. Oleh karena itu, bayi juga bernafas dua kali lebih cepat dibandingkan orang dewasa.

Bayi yang baru lahir memiliki kemampuan menyelam di air dengan sangat baik, tetapi kemampuan tersebut akan segera hilang, dibutuhkan latihan untuk mengembalikan kemampuan tersebut.

Bayi yang baru lahir memiliki kemampuan membedakan wajah yang amat luar biasa, mereka bahkan mampu membedakan wajah kera yang dimata orang dewasa terlihat sama. Tetapi kemampuan tersebut akan hilang ketika bayi berusia 6 bulan dan hanya tertinggal kemampuan membedakan wajah manusia saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar