Jumat, 10 Juni 2011

Jadikan Bumi Lebih Baik

Bumi telah ada sebelum manusia ada, mungkin bumi akan tetap ada ketika semua manusia telah musnah. Menjaga bumi tetap sehat dan layak dihuni sama dengan menjaga populasi kita sendiri (manusia) agar tetap eksis di kehidupan. Budaya malas dan serba instanlah yang akan memaksa manusia merasakan kehancuran generasi dan populasinya.

Merubah kebiasaan hidup menjadi kebiasaan yang lebih peduli dan pro terhadap lingkungan, maka bukan hanya hidup anda secara pribadi yang merasakan manfaatnya, tetapi lingkungan sekitar juga akan ikut merasakannya. Berikut beberapa tips untuk menjadikan bumi sebagai tempat yang lebih layak untuk dihuni:

1.   Mulailah Berhenti Menggunakan Tisu
Gunakan serbet setelah makan, menggunakan toilet basah tanpa tisu. Salah satu alasan industri penebangan pohon adalah untuk mencukupi ketersediaan bahan baku kertas yang sebagiannya digunakan untuk memproduksi tisu.
2.   Bersepeda
Selain menyehatkan tubuh, rutinitas bersepeda juga membuat hidup lebih hemat dan udara lebih bersih.
3.   Menghemat Energi
Menghemat segala jenis pemakaiaan energi dari kendaraan bermotor, sampai penggunaan semua benda elektronik. Menyalakan lampu hanya seperlunya selain dapat menghemat pengeluaran pribadi, juga dapat menghemat biaya industri energi itu sendiri. Masih banyak pembangkit listrik yang menggunakan mesin berbahan bakar diesel dalam pengoperasiannya.
4.   Tidak Memburu dan Memelihara Satwa Liar
Banyak alasan orang-orang berburu hewan. Dari alasan bahwa hewan tersebut dianggap sebagai hama, mengancam keselamatan penduduk atau sekedar hobi. Pada dasarnya kawasan perkebunan dan pemukiman warga di pinggiran hutan sebelumnya adalah habitat asli satwa liar, manusia yang menyerobot dan mempersempit habitat mereka. Jika mau kita akui secara jujur, sebenarnya manusialah hama sesungguhnya dan ancaman nyata bagi mahluk lainnya. Kesadaran sebagai mahluk yang memiliki kemampuan berpikir lebih baik dibanding mahluk lain, seharusnya diimbangi dengan tanggung jawab bahwa manusia memiliki kewajiban untuk menjaga sesama mahluk tuhan, bukan malah menindas mereka.
Satwa liar memang indah jika diamati. Akan lebih indah lagi jika kita melihat mereka hidup dengan bebas di alam liar. Kepunahan satu jenis hewan, akan memicu perubahan besar dalam ekosistem serta rantai makanan. Pada akhirnya manusia sendiri yang merasakan akibat buruknya. Contoh: punahnya harimau “predator alami” akan memperbanyak populasi babi hutan yang merusak perkebunan warga.
5.   Tidak Mengkonsumsi Satwa yang Dilindungi
Terdapat beberapa restoran yang menyajikan menu yang berasal dari hewan-hewan yang dilindungi, seperti landak, ular, buaya, biawak dll. Ketika tidak ada lagi konsumen yang memesan menu tersebut, secara otomatis hidangan tersebut akan menghilang dari daftar menu. Mulalilah dari diri kita sendiri untuk tidak mengkonsumsi menu tersebut.
6.   Tidak Mengkonsumsi Fast Food
Selain tidak baik untuk kesehatan, makanan jenis ini juga merupakan salah satu penyumbang sampah paling besar di dunia.
7.   Konsumsilah Bahan Makanan Organik
Pola hidup sehat sudah mulai digemari di beberapa negara maju. Selain membuat tubuh lebih sehat, bahan makanan organik juga dalam perawatan pertumbuhannya terbebas dari bahan pestisida dan pupuk sintetis, yang bukan hanya dapat meracuni tubuh kita yang memakannya, tetapi juga sangat merusak lingkungan.
8.   Membuang Sampah Pada Tempat yang Telah Ditentukan
Sudah lama diketahui bahwa membuang sampah di sembarang tempat bukan haya mengakibatkan pemandangan serta bau yang tidak sedap, tetapi juga dapat menjadi pemicu kerusakan lingkungan, kesehatan manusia dan bencana banjir. Mulailah dari diri sendiri sebagai personal yang peduli terhadap sampah. Pisahkan sampar organik dan non organik.
9.   Menggunakan Produk yang Dapat Didaurulang
Sudah banyak produsen yang mencoba memasarkan produk-produk daurulang. Sayangnya masih sedikit masyarakat yang mendukung gerakan tersebut. Mulailah sedikit demi sedikit menjadi bagian dari aksi yang satu ini.
10. Menanam Pohon
Jika kita memiliki sedikit bidang tanah di pekarangan rumah, cobalah menanam satu saja batang pohon, dari pada membiarkan halaman tersebut hanya ditumbuhi oleh rumput.

Dari semua poin di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa jika kita mengutamakan pola hidup sehat dan hemat, maka semua akan diuntungkan, diri kita sendiri, mahluk lain, lingkungan, dan bumi secara keseluruhan.


1 komentar:

  1. KISAH SUKSES
    Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

    BalasHapus