Rabu, 23 Maret 2011

Prilaku Seks Hewan yang Mirip Dengan Manusia

Kegiatan seks merupakan fitrah biologis yang dimiliki oleh mahluk hidup yang dapat bergerak. Tetapi di antara berbagai jenis mahluk hidup yang ada di muka bumi, manusialah yang memiliki fariasi gaya, tingkah pola, dan sifat seks yang paling beragam. Jika kebanyakan hewan hanya kawin setahun sekali ketika musim kawin tiba, beda halnya dengan manusia. Manusia memiliki hasrat seks sepanjang tahun, tidak mengenal pagi, siang, sore, ataupun malam. Ketika keinginan tersebut datang dan ada kesempatan, jadilah aktivitas tersebut dilakukan.
Aktivitas hubungan intim atau bereproduksi, biasanya dilakukan oleh pasangan mahluk hidup yang berbeda jenis kelamin dengan cara membuahi sel telur sang betina. Ternyata dalam dunia hewan-pun terdapat aktivitas seksual yang tidak hanya sekedar proses pembuahan saja, tetapi sedikit lebih kompleks dan mirip dengan sifat dan tingkahlaku seksual manusia. Hewan hewan apa saja dan tingkahlaku seperti apa yang memiliki kemiripan dengan aktivitas seks manusia tersebut?

1. Oral Seks
Ternyata selain manusia, hewanpun mengenal aktivitas yang satu ini. Oral seks merupakan aktivitas seksual yang mencakup penggunaan mulut dan lidah untuk merangsang genitalia. Biasanya, seks oral dilakukan sebagai pembukaan atau foreplay sebelum bersetubuh (coitus). Seks oral mencakup memberi atau menerima stimulasi oral (seperti menghisap atau menjilat) genitalia.
"Kelelawar betina sangat bergairah dalam melakukan oral seks, hampir 70 persen kelelawar betina melakukannya sebelum melakukan hubungan," ujar seorang peneliti, Libiao Zhang seperti dilansir Telegraph, Rabu (11/11/2009).
Libiao mengungkapkan, kelelawar betina menginginkan hubungan seks yang lama sehingga melakukan oral seks terlebih dahulu. Rata-rata aktivitas oral seks dilakukan selama empat menit sebelum melakukan hubungan seks.
Selain kelelawar, Simpanse dan Bonobo juga suka melakukan oral seks terhadap pasangannya.

2. Masturbasi
Masturbasi merupakan perangsangan seksual yang sengaja dilakukan pada organ kelamin untuk memperoleh kenikmatan seksual dengan dilakukan secara mandiri, tanpa dibantu oleh pasangan. Jika pada manusia kegiatan ini biasanya menggunakan timun dan sabun sebagai alat bantu,  beda halnya dengan hewan, tentu saja mereka tidak mengenal kedua alat tersebut. Hewan apa saja yang diketahui gemar melakukan masturbasi?
monyet, gajah, tupai, landak, anjing, kuda, kura-kura, kucing dan walrus merupakan beberapa hewan yang diketahui gemar melakukan aktivitas yang satu ini.

3. Homo Seksual
Hampir 500 spesies vertebrata (bertulang belakang) tercatat melakukan hubungan homoseksual, yang menunjukkan adanya penyimpangan orientasi seksual secara biologis pada hewan. Kebanyakan hewan-hewan yang melakukan aktivitas homoseksual dan biseksual disebabkan karena susahnya mencari pasangan seks heteroseksual di musim kawin.
Lagi-lagi monyet dan walrus termasuk kedalam golongan yang satu ini. jika direnungkan sebenarnya apakah manusia yang mirip monyet atau monyet yang mirip manusia? Pantas saja jika banyak ahli evolusi ngotot bahwa manusia merupakan keturunan dari kera, karena sifat seks keduanyapun tidak jauh berbeda.

[dari berbagai sumber]

1 komentar: