Selasa, 29 Maret 2011

Fakta Unik dan Menakjubkan Dunia Hewan


Tahukah anda bahwa kadal jesus dapat berjalan di atas permukaan air karena larinya yang sangat cepat.

Tahukah anda jika seekor kecoa dapat terus hidup meskipun dia telah kehilangan kepalanya. Pernah ada sebuah eksperimen yang membuktikan kecoa dapat hidup hingga 9 hari setelah kehilangan kepalanya. Kecoa tersebut mati karena tidak bisa makan dan kelaparan. Hal ini dikarenakan otak kecoa berada dalam tubuhnya, bukan di kepala.

Tahukah anda jika karakter Patrick Star dalam serial Spongebob mirip sekali dengan kenyataan aslinya. Setelah lama diteliti, para ilmuan menemukan fakta bahwa ternyata bintang laut tidak memiliki otak.

Tahukah anda bahwa Paus biru merupakan mahluk dengan suara paling keras di dunia. Mahluk ini memiliki suara sampai dengan 188 desibel atau setara dengan suara roket besar saat sedang diluncurkan. Untung saja paus hidup di dalam laut, tidak terbayangkan jika hewan ini hidup di darat dan berteriak di samping telinga anda. 

Tahukah anda bahwa Kumbang macan dapat berlari 171 kali panjang tubuhnya dalam satu detik, menjadikannya sebagai mahluk tercepat di dunia.

Tahukah anda bahwa Burung Eurasia dapat terbang selama lebih dari 3 tahun. Dia makan, tidur dan kawin sambil terbang. Dia mendarat ketika dia akan bertelur.

Tahukah anda jika cara berjalan unta tidak sama dengan hewan kebanyakan. Jika hewan berkaki empat lainnya berjalan secara balance yaitu ketika melangkah maka kaki-kakinya akan bergantian secara seimbang (kali kanan depan dengan kaki kiri belakang). Berbeda dengan unta, ketika hewan ini berjalan maka kedua kaki kanan, depan dan belakang melangkah secara serentak, begitupun kedua kaki kirinya, menimbulkan ritme yang sangat ganjil jika di lihat. Wajar saja jika penunggang unta sangat sering sekali menderita mabuk darat.

Tahukah anda jika koala "hewan asli australia"  adalah jenis mamalia yang tidak pernah minum. Mereka mendapatkan cairan hanya dari kandungan air daun eucalyptus yang dimakannya.

Tahukah anda jika pada saat kawin, singa jantan dan betina dapat melakukannya 15 menit sekali selama satu minggu.

Tahukah anda jika semua jenis kerang terlahir dengan jenis kelamin jantan, tetapi kerang dapat berubah menjadi betina ketika dewasa "akan bereproduksi".


Tidak ada komentar:

Posting Komentar