Minggu, 20 Februari 2011

Cara menghemat uang bagi anak kost

Jika anda selalu mengalami masalah pengaturan keuangan tiap bulannya maka tips berikut akan dapat membantu permasalahan anda tersebut.



1. Timbulkan kesadaran bahwa anda belum mampu hidup boros
Hal utama yang menyebabkan keuangan anda selalu bermasalah tiap bulannya adalah pola pikir anda yang masih belum berada pada jalur yang benar. Mungkin saja sebenarnya kiriman uang dari orang tua anda tiap bulannya terbilang cukup, tetapi karena belum adanya kesadaran untuk berhemat makanya anda menjadi boros. Jadi, mulai sekarang SADARLAH. 

2. Buatlah daftar kebutuhan bulanan anda
Setiap bulan kita memiliki kebutuhan yang pasti, untuk itu mulailah membiasakan mendata tiap kebutuhan yang harus anda beli tiap bulannya, hal ini membantu agar anda dapat mengontrol jumlah pengeluaran anda, jangan tiap ditanya orang tua "kok uangnya sudah habis?" "wah dak tau ya, lupa tu!!" 

3. Jangan mengambil uang dalam jumlah banyak dari mesin ATM
Jika anda memengan uang dalam jumlah banyak sekalius, maka akan timbul rangsangan untuk segera menghabiskannya, untuk itu kalo pergi ke ATM ambillah uang dalam jumlah yang sedikit saja, kira-kira cukup untuk kebutuhan hidup selama dua hari.

4. Singkirkan semua item yang dapat menyebabkan anda menjadi boros
Jika anda mau perhatikan sekeliling kamar anda, mungkin saja terdapat benda-benda yang kurang manfaatnya tetapi malah membuat keuangan anda menjadi boros, belajarlah untuk merelakan kepergian benda-benda tersebut dari hidup anda. Seperti rokok, jika anda belum sanggup mencari uang sendiri, tunda dulu kesenangan merokok tersebut. Tapi jangan pula meminta rokok dari teman anda, malu-maluin tau.

5. Potong rambut sependek mungkin
Semakin panjang rambut anda, maka semakin mahal pula biaya perawatannya, potong dulu yang pendek, nanti kalo anda sudah banyak uang, anda boleh memanjangkannya sampai ke telapak kaki anda. Lagian rambut pendek itu menyehatkan, iya bukan? Bukan kali!!

6. Masak makanan sendiri
Jika hal yang satu ini benar-benar anda jalankan, dijamin anda akan lebih hemat. Tetapi jangan masak mie instan melulu, bikin penyakitan tau!! Kalo sakit kan malah tambah mahal biaya hidup anda, harus beli obat. Mana harga obat generik lagi naik.

7. Cari pacar anak orang kaya
Ini tips yang agak susah untuk dijalani, lagian mana mau orang kaya pacaran sama elu yang kere. Sadar dong.

[terakreditasi.blogspot.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar