Rabu, 23 Februari 2011

Rahasia agar semakin gampang mencerna pelajaran

Tidak dipungkiri lagi bahwa manusia adalah mahluk paling cerdas yang ada di muka bumi. Tetapi, ada di antara kita yang ketika sedang mempelajari suatu hal yang baru, proses tersebut terasa sangat sulit sekali. Sudah belajar berjam-jam tetapi belum juga  dapat mengerti. Sebenarnya apa yang sedang terjadi dengan otak kita? Mengapa kadangkala kita sulit sekali dalam memahami sesuatu yang baru?. Sebelumnya, kita pahami dahulu bagaimana proses yang terjadi di dalam otak  ketika kita sedang belajar.
Ketika kita sedang mempelajari suatu hal yang baru, otak kita sedang menyusun kembali cara kerjanya. Otak kita memiliki ratusan milyar neuron atau ses-sel otak yang saling berhubungan. Belajar adalah mencipta dan membuat jalan dari impuls-impuls listrik menempuh neuron-neuron ini. Diantara tiap hubungan yang ada di otak kita, terdapat celah kecil yang bernama sinaps. Setiap kita yang sedang akan belajar sesuatu yang baru, sinyal listrik itu harus menempuh celah sempit tersebut untuk melanjutkan perjalanannya. Pada saat pertama kali sinyal listrik tersebut melompati sinap atau "celah kecil di otak kita" merupakan kegiatan yang tidak mudah dan sangat sulit, tetapi semakin sering kita mengulang kegiatan yang sama atau melakukannya secara terus menerus, sinyal listrik tersebut akan semakin lancar melalui sinaps-sinaps yang ada di otak kita.
Jika ingin lebih mudah lagi dalam belajar, sebenarnya ada suatu cara yang dapat kita lakukan untuk membantu proses loncatan sinyal listrik melalui sinaps tersebut, yakni dengan mengkonsumsi omega-3. Omega-3 dapat membantu belajar dengan mempermudah sinyal melompati celah antara sel-sel otak. Para ilmuwan meyakini bahwa omega-3 dapat membantu bukan hanya para siswa yang tertinggal di kelasnya, tapi juga memperbaiki ingatan dan konsentrasi orang dewasa.
Omega-3 merupakan asam lemak yang terbentuk dari 3 komponen utama:
  • ALA (Alpha) Linolenic Acid, berfungsi untuk meningkatkan kesehatan tubuh dengan meningkatkan pembentukan membran sel didalam tubuh.
  • EPA (Eicosapentaenoic Acid), berfungsi menjaga dari serangan jantung, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), menurunkan kadar trigliserida darah serta menstabilkan tekanan darah.
  • DHA (Docosahexaenoic Acid), berfungsi meningkatkan kerja saraf , kecerdasan otak dan daya ingat serta menghambat kepikunan.
Beragam manfaat omega-3 untuk kesehatan diantaranya, mengkonsumsi omega-3 akan meningkatkan kandungan oksigen di dalam darah sehingga metabolisme tubuh menjadi lebih optimal dengan demikian akan meningkatkan energi dan stamina tubuh. Meningkatnya proses metabolisme tubuh maka dapat meningkatkan pembakaran kalori serta menekan nafsu makan sehingga omega-3 dapat membantu proses penurunan berat badan pada kasus obesitas.

Omega 3 juga mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan imunitas tubuh dan menghambat terjadinya kanker. Selain itu, omega 3 dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner hingga 50%, menurunkan kadar tligliserida darah, menekan kolesterol jahat (LDL) serta meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga mengurangi terjadinya resiko hipertensi dan aterosklerosis/ penyempitan pembuluh darah yang menjadi pemicu timbulnya penyakit jantung koroner dan serangan stroke.
Omega-3 merupakan komponen yang sangat vital untuk perkembangan sistem saraf otak, mengurangi gejala pusing, saraf tegang dan menurunkan resiko kerusakan pada organ saraf otak. Meningkatkan aktivita saraf otak serta respon tubuh, meningkatkan daya ingat, kecerdasan dan menghambat kepikunan Selain itu juga dapat mengatasi masalah depresi khususnya dalam membantu menangani penyakit alzheimer.
Kandungan omega-3 banyak terdapat pada bahan pangan hewani dan nabati laut seperti ikan lemuru, salmon, tuna, tongkol, sidat, terubuk, tengiri, kembung, layang, bawal, seren, slengseng, cakalang, kerang, cod, rumput laut, ganggang laut dan sebagainya. Berdasarkan data dari Lembaga Gizi Departemen Kesehatan RI, kandungan omega-3 dalam bahan pangan tersebut rata-rata mencapai 10,9 gram / 100 gram. Sedangkan bahan pangan lainnya yang kaya dengan kandungan omega-3 antara lain minyak nabati serta sayuran hijau.

Jadi, jika kita ingin bertambah cerdas sekaligus sehat, sering - seringlah makan ikan dan panganan laut lainnya.


[dari berbagai sumber]

2 komentar:

  1. KISAH SUKSES
    Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

    BalasHapus
  2. klo mau punya duit ya kerja keras lah dan berusaha ntah apa pekerjaannya.yg jelas pekerjaan itu halal,bukan mencari pesugihan meskipun pesugihan itu di lakukan oleh syeh atau apalah itu.yg jelas bekerja keras berusaha dab berdoa,wasallam

    BalasHapus