Selasa, 05 April 2011

Daftar film dengan alur cerita dan twist ending terbaik (tak terduga)

Banyak sekali film-film yang memliki akhir cerita yang tidak mudah ditebak seperti Wanted yang diperankan oleh Angelina Jolie, American Beauty, bahkan ada sebuah film yang memiliki ending yang benar-benar tidak dapat ditebak karena memang tidak memberikan clue sama sekali sepanjang durasi film seperti Remember Me yang diperankan oleh Robert Pattinson. Tetapi dari sekian banyak film dengan ending yang tidak terduga tersebut, hanya sedikit yang benar-benar memiliki alur cerita yang kuat dan dapat mempengaruhi emosi penontonnya, dan inilah daftar film tersebut :

The Sixth Sense 1999
Film ini bercerita tentang seorang psikolog yang sedang menangani seorang pasien anak-anak yang sedang mengalami permasalahan yang tidak biasa. Sang pasien mengaku bahwa dapat melihat penampakan dari orang-orang yang sudah mati. Film ini mendapat banyak sekali pujian dari insan perfileman dan mengukuhkan Night Shyamalan sebagai salah seorang sutradara paling berbakat dan jenius. Setelah sukses dengan The Sixth Sense, Shyamalan kembali membuat film-film dengan alur cerita dan ending yang mirip, seperti The Village, unbreakable, The Happening, Devil, tetapi sayangnya tidak sesukses The Sixth Sense, mungkin sampai kapanpun hanya film ini yang mejadi karya terbaik dari Shyamalan.
Fight Club 1999
Director: David Fincher
Writers: Chuck Palahniuk (novel), Jim Uhls (screenplay)
Bercerita tentang seorang laki-laki biasa yang merasa bosan dengan kehidupannya. Suatu ketika dia bertemu dengan seseorang yang akhirnya menjadi teman dekatnya. Dari pertemanannya dengan laki-laki tersebut, kehidupannya mulai berubah sedikit demi sedikit. Dia menjadi sosok yang benar-benar berbeda dari sebelumnya. Sampai akhirnya dia mulai merasakan tidaknyamanan dengan sikap dan cara hidup sahabatnya tersebut. Lalu dia mulai berusaha untuk menyingkirkan keberadan sang sahabat dari kehidupannya untuk selamanya.

The Others 2001
Mirip dengan novel misteri anak-anak Goosebumps karya R.L. Stine yang berjudul The Ghost Next Door, bercerita tentang seorang ibu dan anaknya yang mendapatkan teror di dalam rumahnya. Mereka merasa bahawa ada mahluk lain yang selalu mengganggu dan membuat anaknya ketakutan. Tentu saja sang ibu tidak tinggal diam meskipun dia sendiri merasa takut, dia mencoba mencari jawaban dari semua misteri dan gangguan yang mereka alami selama ini, sampai akhirnya mereka menyadari apa yang sebenarnya terjadi.

Dead End 2003
Bercerita tentang sebuah keluarga yang hendak merayakan malam natal di kampung halaman mereka, karena ingin mempersingkat waktu agar dapat segera tiba di tujuannnya, sang ayang yang sekaligus menjadi sopir dalam perjalanan mudik tersebut memutuskan untuk mengambil jalan pintas yang jarang dilalui orang-orang, sialnya, justru kepustusan tersebut merupakan kesalahan terbesar yang telah dia ambil. Dead End berbeda dengan film horor lainnya yang memberikan jeda untuk para penonton mengendurkan saraf tegangnya, film ini terus menerus memberikan kejuatan tanpa jeda yang grafiknya terus meningkat sepanjang film berlangsung.

Old Boy 2003
Director: Chan-wook Park
Writers: Garon Tsuchiya (story), Nobuaki Minegishi (comic), and 4 more credits »
Biasanya film korea menyajikan kisah-kisah seputar drama percintaan romantis, beda halnya dengan film yang satu ini, film garapan sutradara Chan Wook Park ini cukup membuat penontonnya menggeleng-gelengkan kepala, apa lagi setelah penonton dibuat sadar dengan inti cerita sesungguhnya dari film ini. Old Boy menceritakan seorang laki-laki yang sudah berkeluarga yang di sekap di suatu tempat yang tidak jelas, dia tidak tahu kenapa dia dikurung di tempat itu, siapa yang yang mengurungnya, dan apa penyebabnya sehingga dia harus mengalami kejadian tersebut. Cerita di film ini memang awalnya terkesan biasa dan kurang menarik, tetapi semakin lama durasi film berlangsung, kita dibuat sadar bahwa cerita dari film ini memiliki tingkat kerumitan yang luar biasa
The Mist 2007
Director: Frank Darabont
Writers: Frank Darabont (screenplay), Stephen King (novel)
Film yang diangkat dari novel karya Stephen King ini masih bercerita seputar dunia luar nalar seperti karya-karyanya yang lain. Tetapi jika karya stephen biasanya memiliki alur yang jelas dan gampang ditebak, berbeda dengan yang satu ini. The Mist bercerita tentang invasi mahluk asing yang melanda sebuah kota kecil di Amerika. Yang menariknya film ini mengisahkan konflik yang terjadi ketika sebagian orang terjebak dalam sebuah super market ketika invasi berlangsung. Sang sutradara Frank Darabont sangat berhasil membawa emosi penonton naik turun selama film berlangsung. Tak ayal lagi, film ini merupakan film terbaik dari novel karya Stephen King yang pernah diangkat ke layar lebar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar