Rabu, 16 Maret 2011

Manfaat Jahe

Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan).

Banyak khasiat dan manfaat yang bisa di dapat dari tumbuhan yang satu ini, terutama untuk kesehatan. Berikut beberapa cara pengolahan jahe untuk berbagai penyakit:

1. Impoten/lemah syahwat
Siapkan 2 rimpang jahe sebesar ibu jari, 1 butir jeruk nipis, 1 butir telur ayam kampung, 1 sendok teh bubuk kopi, 1 sendok madu, dan sedikit bubuk merica. Cuci jahe, parut, tambahkan segelas air masak, lalu peras. Tambahkan perasan jeruk nipis, kuning telur , kemudian campurkan dengan semua bahan lainnya. Aduk sampai merata, kemudian minum seminggu sekali.

2. Batuk
Siapkan 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, cuci bersih dan rebus dengan 500mg air putih. Didihkan hingga tinggal tersisa 250mg air atau satu gelas air. Ramuan ini diminum dua kali sehari, pagi dan sore.

3. Pegal Linu
Siapkan 2 rimpang jahe sebesar ibu jari dan 2 gelas susu segar, lalu jahe dicuci bersih, dibakar dan dikupas kulitnya. Tumbuk jahe tersebut hingga pipih, lalu  rebus bersamaan dengan susu segar. Minum dua kali sehari, pagi dan sore.

4. Kepala Pusing
Siapkan 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, cuci bersih, bakar dan tumbuk hinga pipih. Sedu dengan air mendidih, tambahkan dengan 2 sendok madu. Siap diminum.

5. Rematik
Siapkan 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, bakar, kemudian cuci bersih dan  parut. Tempelkan parutan jahe tersebut di bagian tubuh yang menderita rematik.

6. Sakit Pinggang
Siapkan 3 rimpang jahe sebesar ibu jari dan 2 buah asam jawa yang sudah masak. Cuci jahe, parut, dan campurkan dengan asam jawa.  Oleskan pada pinggang yang sakit.

7. Masuk Angin
Siapkan 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, cuci bersih dan tumbuk hingga pipih. Masukkan kedalam panci yang berisi 500mg/2 gelas air bersih, campur sedikit gula aren, lalu rebus hingga airnya tinggal setengah. Saring dan minum ketika masih hangat. Lakukan 2 kali sehari. 

8. Vitiligo (bercak putih pada kulit karena kekurangan pigmen)
Siapkan 30 gram jahe, bersihkan, lalu di-jus. Balurkan jus jahe pada kulit yang menderita vitiligo tersebut.

9. Terserang cacing gelang
Siapkan 60 gram jahe segar lalu dicuci bersih, lumatkan, campur dengan segelas air putih yang sudah matang. Saring dan tambahkan madu satu sendok makan. Minum ramuan ini 3 kali sehari.

10. Memperindah Payudara
Siapkan 2 ruas jahe segar yang telah dikupas kulitnya, lalu campur dengan 1 gelas susu murni panas. Campur dengan 1 sendok teh gula pasir. Minum satu kali sehari setiap akan tidur malam.

11. mencegah mabuk perjalanan
sebelum bepergian. Caranya: pukul-pukul jahe segar sepanjang satu ruas jari. Masukkan ke dalam satu gelas air panas, beri madu secukupnya, lalu diminum. Bisa juga menggunakan sepertiga sendok teh jahe bubuk, atau kalau tahan, makan dua kerat jahe mentah.

[sumber: http://www.ibujempol.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar