Senin, 28 Maret 2011

3 Jenis Ikan Air Tawar Paling Besar

Memang terkadang ditemukan beberapa jenis ikan yang sangat besar di perairan air tawar atau sungai-sungai besar seperti gambar ikan emas di samping. Tetapi hal tersebut hanyalah sebuah anomali atau kejadian langka yang terjadi pada jenis ikan tertentu. Pada dasarnya sangat dimungkinkan se-ekor ikan dapat tumbuh dengan ukuran yang sangat besar dikarenakan berbagai faktor, seperti faktor makanan dan lingkungan tempat ikan tinggal. Ada juga jenis ikan yang memang secara genetis memiliki ukuran yang sangat besar bukan dikarenakan faktor-faktor anomali tersebut, inilah tiga jenis ikan air tawar yang masuk dalam kategori jenis terbesar:

Arapaima Gigas
Arapaima atau pirarucu adalah jenis ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan. Ikan Arapaima dapat tumbuh maksimal sepanjang 3 meter dan berat 200 kilogram. Saat ini sudah sangat jarang terdapat arapaima yang berukuran lebih dari 2 meter karena ikan ini sering ditangkapi untuk dikonsumsi penduduk atau diekspor ke negara lain.





Mekong Catfish
Ikan ini merupakan kerabat ikan catfish (ikan berkumis - keluarga ikan lele) terbesar di dunia yang berasal dari perairan sungai mekong yang terbentang dari thailand sampai ke cina. Dahulu warga sekitaran sungai bisa melihat ikan ini berenang dengan bebasnya ketika populasinya masih banyak, tetapi sekarang setelah terjadi penangkapan secara besar-besaran, ikan ini tergolong dalam hewan yang hampir punah.


Nile Perch
Ikan yang berasal dari perairan sungai nil ini memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan baramundi atau kakap puth. Ikan ini merupakan predator alami yang sangat rakus. Kolonial perancis pernah melepaskan ikan ini ke sebuah danau di afrika dan merusak habitat ikan asli danau setempat, karena dia memakan ikan-ikan jenis lainnya.




[dari berbagai sumber]

1 komentar:

  1. terimakasih infonya sangat membantu, jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2nPYhzK

    BalasHapus