Minggu, 20 Februari 2011

Hewan peliharaan Imut-imut yang banyak digemari

Kucing Persia 
Kucing Persia merupakan kucing yang sangat cantik dan indah dengan bentuk tubuh yang besar, padat, kepala besar dan bulat, ditutupi lapisan bulu yang tebal. Orang awam pun pasti langsung bisa mengenali kucing persia. mudah beradaptasi dengan berbagai macam tempat, suka bermain dan mudah untuk disayangi. Ekspresi wajah yang manis dengan sifat tenang bisa duduk dan tidur disatu tempat selama berjam-jam, tidak berisik serta bersuara lembut.
Di Indonesia, kucing ras persia cukup banyak dikembangbiakkan dibandingkan dengan ras lain. Mungkin disebabkan bulu yang panjang dan tebal serta sifat tenang, anggun dan manja yang merupakan salah satu ciri khas kucing ras persia. Persia lebih mudah dikandangkan, relatif tidak berisik dan lebih cocok hidup di dalam rumah.
Berdasarkan panjang bulunya, persia terdiri daru dua tipe yaitu yang berbulu panjang (long haired persian) dan yang berbulu pendek 

Anjing Golden Retriever
Golden Retriever adalah anjing trah yang mulanya dibiakkan sebagai anjing pemburu untuk mengambil burung hasil buruan yang sudah ditembak. Anjing trah ini termasuk jenis Retriever (pengambil) yang menemukan atau mengambilkan burung air atau unggas liar untuk pemburu. Bulu mereka keemasan (golden) di bawah sinar matahari sehingga disebut Golden Retriever. Mereka dibiakkan sebagai anjing yang secara intuisi menyenangi air. Sewaktu mengambil hewan buruan, mereka tidak menggigit secara kasar. Burung hasil buruan diberikan kepada pemburu dalam keadaan utuh dan tidak rusak. Kecerdasan dan kepandaian yang beraneka ragam menjadikan Golden Retriever sebagai anjing multiguna. Di antaranya, mereka dipekerjakan sebagai anjing pelacak narkoba, anjing penyelamat (Search and Rescue), anjing pemburu, dan anjing penuntun. Sifatnya yang bersahabat, sabar, dan selalu ingin menyenangkan hati pemiliknya, menjadikan Golden Retriever sebagai salah satu anjing keluarga yang paling populer di dunia (menurut statistik pendaftaran anjing). 

Kelinci Anggora
Kelinci anggora dianggap misterius asal usulnya. awalnya sebagian orang mengatakan kelinci anggora berasal dari Perancis yang pada tahun 1923 dibawa oleh pelaut asal inggris. Lalu lama-kelamaan terungkap bahwa kelinci jenis ini merupakan kelinci Angkara Turki karena menyerupai jenis kucing anggora. Jenis yang paling di cari oleh penghobi kelinci adalah Anggora Inggris, karena memiliki bulu yang sangat lebat dan yang paling unik adalah bulu telinganya yang panjang menjuntai. Kelinci anggora sangat manja. Bila tidak dielus atau dimanja, dia akan menghampiri pemiliknya tanda ingin disentuh.
Biasanya sesudah makan, kelinci anggora akan pipis dan buang air. Ajaklah dia ke ‘toilet’nya. Otomatis ini akan menjadi kebiasaan. Lucunya, kalau ada penghuni baru, kelinci yang pertama akan mengajari kelinci yang berikutnya. Jadi mereka akan buang air pada tempat yang sama. 

Ikan Maskoki
Berdasarkan riwayatnya, ikan maskoki merupakan salah satu ikan hasil domestikasi tertua di dunia. Ikan bernama latin Catassius auratus mulai dipelihara di rumah-rumah pada zaman Dinasti Sung di China pada sekitar 960 Masehi. Lalu, mulai dikomersialkan pada Dinasti Ming pada 1368-1644 Masehi.
Ikan maskoki kemudian merambah ke Jepang sekitar 1500 Masehi dan masuk ke benua Eropa sekitar dua abad kemudian. Di Negeri Matahari Terbit, perkembangan varietas maskoki semakin pesat dari hasil perkawinan silang. Dihasilkan varietas baru dengan bentuk yang variatif seperti yang ada saat ini. Ikan maskoki yang dihasilkan antara lain berbentuk bulat, pendek, benjol-benjol, dan bersirip panjang.
Varietas ikan maskoki dari Jepang tersebut kemudian memiliki nama Latin catassius auratus var japonicus. Dari Jepang, ikan maskoki menyebar ke wilayah Eropa maupun Amerika. Kemudian, menjadi populer karena dapat dijumpai di toko-toko ikan hias di seluruh dunia. 

Burung Nuri
Burung nuri adalah salah satu jenis burung peliharaan yang paling populer di dunia. Mereka senang dijadikan peliharaan karena mereka mempunyai bulu yang penuh warna indah dan cerdas.
Ada 372 spesies burung nuri dan mereka ditemukan di kebanyakan daerah hangat dan tropis dengan beberapa spesies menghuni Belahan Bumi Selatan yang beriklim sedang.
Burung nuri adalah burung hias yang banyak diminati karena banyaknya variasi warna pada bulu-bulunya. Burung ini termasuk dalam keluarga burung berparuh bengkok atau parrot. Di dunia ada 65 spesies, 40 persen dapat dijumpai di Indonesia, tepatnya di Indonesia timur, yaitu Papua Barat, Maluku dan Flores.
Burung nuri makan buah-buahan, biji-bijian dan tepung sari. Mereka bersarang di lubang-lubang pohon. Mampu terbang dengan cepat dan memiliki suara yang keras dan tajam. Sebagian besar burung nuri hidup di daerah tropis, selebihnya di daratan tinggi dan di daerah berbatu karang.
[Dari berbagai sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar